Visual Basic

Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated  Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat, Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java

Microsoft Access

Microsoft Access for Windows adalah aplikasi perangkat manajemen database yang luwes yang bisa Anda gunakan untuk mengurutkan, menyeleksi dan mengatur informasi penting yang diperlukan. Kemudahan penggunaannya menjadikan software ini banyak digunakan baik oleh pengguna komputer yang baru mengenal database maupun yang sudah berpengalaman dengan database. Database adalah susunan data-data yang teratur urutannya.Pada Microsoft Access terdapat 6 buah objek database yang dapat dibuat yaitu Table, Query, Form, Report, Macro dan Module. Dan Anda dapat mengimpor atau mengambil data dari aplkasi lain misalnya jika data dalam Microsoft Excel, Lotus 1-2-3 atau file teks, Anda bisa mengimpornya, atau bisa juga Anda menempelkannya ke database Access dan menggunakan Access untuk bekerja dengan database tersebut.Database yang Anda bentuk dapat berisi ratusan, ribuan bahkan jutaan record/data dan dengan Microsoft Access, Anda dapat menemukan record yang Anda minta dengan mudah dan mengurutkan data secara alfabetis. Untuk menyajikan data dalam tampilan yang lebih menarik dan sebaik mungkin, Anda dapat mengunakan database Form atau Report.

Hubungan Visual Basic dan Microsoft Access

Hubungan antara Ms Access dengan Visual Basic adalah sama-sama berfungsi untuk mengolah database,dengan menggunakan Ms Access kita dapat menyusun aplikasi secara interaktif dan profesional dengan bantuan Visual Basic. Didalam Ms Access kita dapat menyisipkan kode-kode VB (misalnya di dalam form dan report) agar lebih bagus dalam mengelola database. Kesimpulannya, Kita dapat membuat aplikasi pengelolaan database dengan Visual Basic yang berbasis data Ms Access, juga bisa dengan murni Ms Access Aplication yang di tambahkan dengan sentuhan VB.

Contoh program visual basic

Contoh program sederhana dalam bahasa Visual Basic .NET yang dipakai untuk menghitung jumlah pembayaran dari m_item buah barang dengan harga m_price per item ditambah 5% pajak penjualan: .

Dim m_item, m_price, tax, total As double

m_item = double.Parse(textBox1.Text)

m_price = double.Parse(textBox2.Text)

tax = 0.05

total = m_item * m_price * (1 + tax)

label5.Text = total.ToString()

MessageBox.Show(“Well Done.”)

sumber:  http://id.wikipedia.org