Cara membuat mie rumput laut ini cukup mudah.Pertama-tama merendam rumput laut dengan konsentrasi tertentu dalam cairan yang diberi NaOH. Peren-daman tersebut dimaksudkan agar rumput laut menjadi lunak dan untuk menjaga agar derajat keasaman (pH) berada pada kisaran 6 sampai 7. Dengan kisaran pH tersebut proses ekstraksi nantinya dapat berjalan baik. Proses selanjutnya rumput laut dibersihkan dari senyawa NaOH dengan air bersih.

Setelah bersih rumput laut kemudian dihancurkan dengan menggunakan blender elektronik sampai terlihat lembut Rumput laut yang sudah lembut itu selanjutnya disaring dengan menggunakan penyaring ukuran tertentu. “Setelah itu, ekstrak dipanaskan dengan kompor selama lima menit,” jelas Bonit.

Proses pemanasan membuat ekstrak rumput laut berbentuk menyerupai tepung. Selanjutnya, tepung rumput laut dicampur dengan tepung terigu dan tepung sagu. Ketiga bahan tersebut diaduk-aduk hingga kalis dan kemudian dibuat lembaran-lembaran dengan menggunakan alat. Lembaran-lembaran itu lalu dipotong-potong kecil memanjang menyerupai mi biasa.

Irisan panjang-panjang itu lalu dibentuk menyerupai mi instan, bisa berbentuk kotak atau bulat bergantung selera. Setelah proses membentuk mi tersebut selesai beranjak ke proses selanjutnya yakni perebusan. Apabila mi yang direbus itu terlihat matang, selanjutnya diangkat dan kemudian dijemur atau dikeringkan di dalam oven.

Pada mi basah tidak perlu lagi dilakukan pengeringan. Pasalnya, pengeringan bertujuan untuk membuat mi tahan lama. Sementara itu bagi mereka yang langsung ingin memasaknya, mi basah bisa segera dimasak dengan bumbu sesuai selera.