Kehidupan sebagai seorang mahasiswa kadang bisa membuat kita stress karena banyaknya kegiatan yang harus dilakukan dan tugas yang menumpuk.Sering kali ditemui bahwa banyak mahasiswa yang masih belum dapat mengatur waktu dengan cara efisien sehingga kita mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal yang tentunya sangat penuh dengan aktivitas dan juga kegiatan belajar.

Masalah yang muncul dalam mengatur waktu adalah jika setiap hari kita memiliki kegiatan dan sulit untuk dikontrol, maka masalah akan muncul. Masalah yang muncul tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perencanaan yang tidak terorganisasi, tidak jelas, melenceng, tidak konsisten, tidak ada tujuan, dan kurang efektif dalam menggunakan waktu.Salah satu cara untuk mengatur waktu adalah dengan membuat jadwal kegiatan sehari hari.Dengan adanya jadwal tersebut,kita akan dapan memanfaatkan waktu dengan baik.Hal tersebut akan berjalan dengan baik apabila kita menaatinya.Dengan membuat jadwal tersebut kita juga belajar hidup berdisiplin.Berikut ini ada beberapa tips agar kita dapat mengatur waktu belajar dengan baik:
Perhatikan kapan waktu luang yang dimiliki. Waktu luang yang dimaksud adalah waktu yang membebaskan kita dari segala aktivitas kuliah, kursus atau kegiatan lainnya.
Perhatikan kondisi kita yang paling fit untuk belajar, misal dimalam hari atau dini hari.
Buatlah jadwal untuk mengatur waktu belajar dan juga akitivitas yang akan dilakukan. Idelanya, waktu untuk belajar adalah 50 menit ditambah waktu istirahat. Buat variasi dalam belajar, misal ganti lokasi belajar atau ajak teman untuk belajar.
Jagalah motivasi belajar dengan cara membuat target.
Perhatikan kondisi tubuh. Kesehatan adalah segalanya. Karena itu, dalam membuat jadwal masukkan juga waktu istirahat.
Saat belajar tidak selalu harus melakukan tugas. Buatlah waktu untuk membaca materi pelajaran dua kali. Pertama, sebelum memulai kuliah (masuk kuliah) dan kedua setelah kuliah. Hal tersebut akan membantu ingatan jangka panjang.
Setelah melakukan semua kegitan, maka sisakan waktu lima menit untuk mengevaluasi kegiatan Anda. Apakah sudah dijalankan sesuai jadwal atau sebaliknya.Tips ini mudah mudahan dapat membantu kita dalam mengatur waktu belajar.